MENGENAL AJANG BALAP MOTOGP


Lemapka.com, Jakarta 15 Januari 2022 – Ajang balap motogp sangat banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, baik kaum muda ataupun tua sangat menyukai ajang balap motogp. Belum lagi pemabalap motogp seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, Daniel Pedrosa dan Jorge Lorenzo pernah mengunjungi Indonesia beberapa tahun lalu. Dan bulan maret nanti, Indonesia resmi menjadi tuan rumah ajang perhelatan motogp yang akan diselenggarakan disirukuit mandalika. Lantas apa itu motogp..? lalu kenapa masyarakat Indoensia pada gemar menonton motogp..? terus siapakah pembalap motogp..?

Kejuaraan Dunia MotoGP atau kerap disebut sebagai MotoGP saja atau nama resminya FIM MotoGP World Championship adalah kelas utama dari seri balapan Grand Prix Sepeda Motor. Dulunya kelas ini dikenal dengan nama kelas 500cc atau biasa disebut GP500 yang pertama kali digelar sejak musim 1949.

Adapun untuk kelas MotoGP yang kita kenal saat ini awal mulanya berakar dari perubahan regulasi untuk kelas 500cc di musim 2002 yang sering disebut juga sebagai tahun transisi. Musim 2002 menjadi periode terakhir mesin dua langkah diperlombakan dalam kompetisi kelas premier. Sepanjang tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama kalinya pabrikan diizinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990 cc, dan berubah menjadi 800 cc di musim 2007. Pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam dengan batas berat tertentu. Dengan dibolehkannya motor 4 tak berkubikasi mesin besar tersebut, kelas GP500 diubah namanya menjadi MotoGP. Sejak musim 2012, kapasitas mesin sepeda motor kembali dinaikan menjadi maksimal 1000cc (wikipedia)

Dan alasan, kenapa ajang balap motogp mempunyai banyak penggemar ditanah air dibanding ajang balap lain menurut pandangan netizen ?

Karena MotoGP lebih bisa ditiru, entah dengan modifikasi motor sport,beli motor sport dan masih bisa jadi pembalap ala2, entah balap liar atau sunmori tipis2. Sedangkan F1 ya sangat mustahil utk ditiru, jadi masyarakat akan merasa sangat asing dgn F1. Plus..MotoGP lebih seru..banyak aksi2 yg menghibur. Sedangkan F1 sangat boring, yg menang ya orang yg itu2 lagi. Belum ditambah yg mobil nya paling kencang cenderung dominan sekali. MotoGP butuh skill tinggi dan bukan sekedar kencang.” Tutur martenz vandreva (quora.com)

Seperti di bagaimana di sepakbola mereka mencari gol, di balapan mereka mencari aksi saling salip. Ajang F1 yang mana ada tim yang mobilnya kelewat dominan dan minim aksi salip mereka anggap membosankan.” Tutur ryan pratama (quora.com)

Mungkin ada beberapa alasan, seperti: Jumlah pengguna motor jauh lebih tinggi daripada mobil, Tayangan MotoGP lebih mudah diakses daripada F1. F1 sudah hilang dari stasiun free to air di Indonesia sejak terakhir 2012 di Kompas TV. (mohon koreksinya), Secara on track action, MotoGP jauh lebih superior daripada F1., F1 identik dengan balapan orang kaya, sedangkan MotoGP bisa dikatakan lebih merakyat. (walaupun kalau dihitung dari segi biaya ya mereka masih 11:12 sebenarnya, hahaha.) Kurang lebih beberapa alasan diatas yang membuat MotoGP jauh lebih populer di Indonesia dibandingkan F1.” Tutur kaca luthfi (quora.com)

Selain itu, tentu ada beberapa pembalap yang menjadi idola/fans masyarakat Indonesia. Saking populernya, namanya kagak asing bagi masyarakat Indonesia. Dan berikut adalah nama pembalap motogp yang cukup populer di Indonesia :

Jorge lorenzo

Jorge Lorenzo Guerrero atau yang sering disapa dengan Lorenzo ini lahir di Palma de Mallorca, Spanyol 4 Mei 1987, merupakan seorang pembalap MotoGP asal Spanyol. Saat ini ia bergabung di tim Movistar Yamaha MotoGP. Lorenzo telah mencatatat 3 kali menjadi juara dunia kelas 500cc/MotoGP (2010, 2012, 2015) dan jika ditotal sejak awal mulanya di kelas 125cc & 250cc maka gelar yang sudah dimilikinya berjumlah 5 buah.

Valentino Rossi

Valentino Rossi lahir di Urbino, Italia 16 Februari 1979, merupakan seorang pembalap MotoGP asal Italia. Saat ini ia bergabung di tim Movistar Yamaha MotoGP. Rossi atau yang lebih sering dikenal dengan The Doctor ini telah mencatat tujuh kali menjadi juara dunia kelas 500cc/MotoGP (2001-2005, 2008-2009) dan jika ditotal sejak awal mula karirnya di kelas 125cc maka gelar yang sudah dimilikinya berjumlah sembilan. Namun hal itu tidak membuat Rossi sudah mengalahkan seniornya Giacomo Agostini. Rider Italia yang kini sudah berusia 67 tahun ini mencatat sudah delapan kali berdiri di puncak dunia.

Mark marquez alenta

Pembalap satu ini adalah pembalap termuda, Marc Marquez atau yang sering di sapa dengan baby lion ini lahir 17 Februari 1993 di Cervera, Lleida, Spanyol) adalah pembalap motor asal Spanyol yang memiliki gelar juara dunia kelas 125cc pada tahun 2010, Kelas Moto2 pada tahun 2012, dab kelas MotoGP tahun 2013 & 2014.

Daniel “dani” pedrosa

Daniel “Dani” Pedrosa Ramal lahir di Sabadell, Spanyol, 29 September 1985 yang merupakan pembalap MotoGP. Saat ini ia bergabung di tim Repsol Honda bersama Marc marquez. Untuk di MotoGP, Dani Pedrosa belum memiliki gelar juara dunia dia hanya memperoleh juara ke 2 sebanyak 3 kali (2007,2010,2012) dan di posisi ke 3 sebanyak 4 kali (2008-2009,2013-2014). Dan untuk Kejuaraan Duania kelas 250cc Pedrosa memperoleh 2 kali (2004-2005) dan 125cc dia memperoleh 1 kali (2003). 

(sumber : yuktravel.com)

Itulah penjelasan mengenai ajang balap motogp yang beberapa bulan akan diselenggarakan di Indonesia. Jadi, bagi kalian pecinta motogp jangan sampai terlewatkan


Penulis : Raka

Komentar