BENARKAH PLAT NOMER AKAN DILENGKAPI CHIP ?



Jakara – Lemapka.com, Seiring dengan berjalannya waktu, banyak negara-negara berlomba menciptakan teknologi terbaru. Ntah untuk memudahkan pekerjaan, untuk keselamatan, mencari sumber energi terbarukan bahkan sampai untuk perang. Negara Indonesia pun tak luput dalam mengikuti perkembangan zaman khusunya teknologi. Banyak daerah di Indonesia yang sudah menerapkan teknologi terbaru, contohnya aja dengan adanya ETLE.
Polisi melakukan pendindakan terhadap nomer plat yang dimodifikasi

Yang mana ETLE adalah kamera pengawas jalan yang bakal menilang kendaraan apapun yang sekiranya telah melanggar aturan. Belum lama ini KOPRS LALU LINTAS (Korplantas) POLRI tengah mempersiapkan aturan baru soal plat nomer kendaraan bermotor yang akan dipasang cip. Nantinya cip canggih itu bakal dipasang dimobil dan sepedah motor. Informasi itu disampaikan langsung oleh Direktur Regident Korlantas POLRI, Brigjen Pol Yusri Yunus Menurut beliau, sekarang ini masih dalam tahap persiapan, setelah itu sosialisasi dan terkahir penerapan. “Tapi prosesnya masih Panjang, banyak yang harus dipersiapkan mengenai aturan data dan lain-lain. Tapi kedepannya akan mengarah basis teknologi” kata Yusri. Menurut Yusri, dasar penerapan aturan tersebut mengacu pada perkap kapolri no 5 tahun 2012 tentang regident diubah jadi perpol no 7 tahun 2021. Salah satunya tentang perubahan warna dasar pelat nomer menjadi putih dan huruf serta angka berubah menjadi hitam.(sumber : otoblitz.net) Alasan dibuatkannya rencana ini adalah untuk memudahkan penindakan melalui ETLE.
Perubahan warna dasar plat nomer
Data-data dari pemilik kendaraan. Apabila tidak sesuai, maka akan ditindak atau dimenakan tilang sesuai dengan aturan yang berlaku” kata Yusril. Namun untuk penerapannya masih menunggu infornasi lebih lanjut, mengingat sekarang ini baru tahap awal, yaitu mempersiapkan aturan dan sarana serta pra sarananya. Tapi dia memastikan bahwa regulasi tersebut bersifat nasional. Seperti yang kita tau, nomer plat adalah sumber legalitas dan identitas sebuah kendaraan. Sebab fungsi plat nomer bukan hanya pajangan aja. Terdapat rangkaian kata angka dan huruf pada plat yang berfungsi untuk mengidentifikasi asal wilayah suatu kendaraan (sumber : otomotif.sindonews.com)




Penulis : Raka

Komentar