5 Makanan Khas Betawi yang lezat

5 Makanan Khas Betawi yang Lezat

Hallo sobat semua pasti udah tau dongg.. makanan khas Betawi yang sering kita jumpai di Ibukota tercinta ini. Yapz bener sekali makanan yang identik dengan Jakarta, pada umumnya Jakarta merupakan suku atau budaya betawi bagi mereka yang asli dari seni dan tidak memiliki kampung halaman.
Jakarta merupakan Ibukota negara Indonesia yang menyimpan kekayaan kuliner khas suku Betawi. Untuk mereka yang belum pernah menghirup udara ibukota, mungkin akan merasa kagum menegtahui beberapa fakta akan keragamanan makanan yang dimiliki oleh suku Betawi. 
Berikut ini 5 makanan khas Betawi, sebenarnya masih banyak lagi tapi kini saya ulas 5 
1. Kerak Telor
Untuk yang satu ini pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini yang dinamakan Kerak Telor.
Makanan satu ini bisa disebut sebagai symbol kuliner Jakarta yang dikenal oleh orang orang dari luar Jakarta.
Kerak telor sendiri makan yang di buat berdasarkan beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi kering, bawang goreng, dan di beri bumbu halus dari campuran kelapa sangria, cabe merah, garam, gula, merica, jahe, dan kencur.
Makanan ini dimasak dengan cara yang unik. Biasanya menggunakan panganan ini dimasak dalam wajan kecil tanpa menggunakan minyak.
Saat dibakar dengan arang kerak telor ini baru dibalik. Rasanya yang gurih dan tekstur beras ketan yang legit sehingga menciptkan rasa yang baru di rasa oleh lidah mu.

2. Geplak Betawi
Dari tampilannya makanan khas Betawi seperti tape yang lembut. Untuk rasanya mempunyai rasa yang manis, sedangkan tepa rasanya asam. 
Kue satu ini untuk sekarang sudah sangat langka. Kue ini aka nada diacara pernikahan yang dimana kue ini sebagai penghantar bagi pesta pernikahan adat Betawi. 
Mungkin dari kalian pensaran kenapa dinamakan geplak iyah karna proses pembuatannya dengan cara diaduk pakai tangan dan setengah dipukul. Kue ini dapat bertahan selama satu minggu, jika mau lebih awet disimpan ke lemari pendingin. 

3. dodol Betawi
Dodol Betawi paling diburu oleh mereka yang tak tinggal di Jakarta. Dodol Betawi adalah jenis dodol Khas Betawi. Dodol ini memiliki beraneka ragam ada yang hitam kecokelatan dengan variasi rasa yang lebih sedikit daripada dodol yang lain yaitu ketan putih, ketan hitam, dan durian.
Dodol ini dipasar dengan harga yang beraneka ragam, sehingga ada yang mencantumkan harga yang sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh proses pembuatannya yang cukup Panjang dan lama.

4. asinan Betawi
Pada umumnya asinan terdapat dua yaitu Asinan Bogor dan Asinan Betawi. Asinan Bogor pada umumnya menggunakan buah – buahan dan jarang menggunakan sayuran. 
Sedangkan Asinan Betawi lebih sering menggunakan sayur – sayuran seperti sawi, kol, tauge, selada, kacang tanah goreng, dan tahu putih. Kuah Asinan Betwai terbuat dari bumbu kacang yang segar karna dicampuri cukai dan cabai.
Sebagai pelengkap makanan ini bisa ditambahkan dengan kerupuk mie kuning. Di Jakarta banyak penjual asinan di pinggir jalan. Untuk harganya kisaran Rp 10.000 sampai Rp 20.000.

5 Bir Pletok
Minuman yang satu ini sangat asing bagi mereka yang tidak tahu Namanya dan pasti beranggapan jika bir ini adalah minuman negatif padahal aslinya tidak loeeh..
Meskipun Bernama bir, tapi Bir Pletok ini sama sekali bebas alcohol. Minuman khas Betawi ini sangat lah langka di jual di daerah Jakarta susah di dawpati. Dan tak sembarangan tempat menjualnya. Bir ini biasa dikonsumsi dimalam hari sebagai penghangat. Selain penghangat juga bersifat menyegarkan karna terbuat dari beberapa jumlah rempah seperti jahe, daun pandan wangi, dan serai.
Warna yang dimilikipun tercipta dari tambahan kayu secang yang memberikan warna merah Ketika diseduh dengan air panas.
Meskipun Namanya bir minuman ini tidak mengandung zat adiktif, justru sebaliknya memberikan Kesehatan didalam tubuh kita/

Itulah 5 makanan Khas Betawi yang seringa da di sekeliling kita terutama di daerah Jakarta. 

Komentar

  1. Help your baby keep in mind occasions tables by understanding their software via multiplication 카지노 사이트 information and patterns. Get started now to learn occasions tables with ample practice and fun. With every flip of the card and roll of the dice, The Orleans is a place to take pleasure in one of the best in thrilling casino action!

    BalasHapus

Posting Komentar