Bagaimana cara menjaga mata tetap sehat saat kulon

Bagaimana cara menjaga mata tetap sehat saat kulon

Semenjak Covid-19 melanda seluruh dunia, semua aktivitas di lakukan dari rumah, mulai dari para pekerja kantoran, mahasiswa hingga anak sekolah dasar juga terkena dampak nya, mereka semua melakukan aktivitas yang tadi nya di lakukan secara tatap muka kini saling jauh – jauhan karena virus ini. Sebagai mahasiswa saya pun juga terkena dampak nya. 
Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga mata agar tetap sehat saat Kuliah Online. Menatap layar monitor lebih dari 4 jam sehari bisa menyebabkan eye strain atau mata lelah. Di lansir dari National Geographic telah dilakukan sebuah penelitian yang melibatkan 500 mahasiswa dari Uni Emirat Arab. Di dalam penelitian tersebut ditemukan hampir separuh mahasiswa memiliki gangguan penglihatan dan kesehatan lainnya. Mulai dari sakit kepala hingga mata kering dan lelah mereka keluhkan. Hal tersebut ternyata disebabkan oleh jarak pandang dan durasi penggunaan komputer tanpa istirahat yang mereka lakukan selama mengikuti perkuliahan atau sehari-hari.
Berikut 4 cara menjaga mata tetap sehat saat Kulon :

1. Beri Jeda
Beri jeda setiap 30 menit sekali untuk melihat hal lain selain monitor yang ada di depan kita. Misal nya melihat kearah yang jauh, hal ini bisa mengistirahatkan mata dari fokus yang terlalu lama melihat layar monitor, atau memejamkan mata beberapa detik juga bisa menjadi solusi nya. 

2. Atur Pencahayaan
Agar tehindar dari eye strain atau mata lelah sebaik nya kita mengatur pencahayaan di sekitar kita lebih terang, selain itu pencahayaan yang berasal dari layar monitor juga harus pas agar tidak terlalu menyilaukan atau terlalu gelap.

3. Jarak pandang 
Jarak tidak hanya berlaku untuk pencegahan covid saja. Jarak pandang monitor juga harus di perhatikan, untuk menjaga mata agar tetap sehat dan tidak lelah beri jarak sekitar 30 – 45 cm dengan pandangan mata yang sejajar dengan monitor. Tidak lupa agar tempat duduk dan tinggi meja dibuat sesuai agar leher dan pundak tidak membungkuk dan rileks.

4. Menjaga kelembapan mata 
Dengan mengkonsumsi air agar mata tetap lembab dan tidak kering, ada baik nya kalau kita rajin minum air putih yang banyak karena mata sebagian besar di bangun dari cairan. Memakai obat tetes mata juga merupakan solusi terbaik jika terjadi mata kering. 

Nah itu dia 4 cara yang bisa kalian lakukan di rumah saat menjalani Kuliah Online. Yuk ubah pola hidup sehat, Corona masih ada! Keep Safe and Stay Healthy. 


Komentar