6 Fakta menarik seputar sepak bola

6 Fakta menarik seputar sepak bola
1. Sepak bola dimainkan pertama kali pada tanggal 19 Desember 1863, di Mortlake (London, Inggris).
Pertandingan sepakbola resmi pertama ini dimainkan oleh Barnes FC melawan tuan rumah Richmond FC di Limes Field, London (Inggris) menggunakan Undang-Undang Sepak bola FA dengan hasil imbang tanpa gol (0-0)
Sebelumnya, pertandingan yang tidak resmi biasanya menggunakan aturan Cambridge dimana pemain diijinkan untuk menggunakan tangan mereka untuk mencegah berlari dengan bola dan aturan Sheffield yang mengijinkan pemain menekan atau memukul bola dengan tangan mereka asal tidak dibawa dengan tangan mereka dan masing-masing klub diberi kebebasan menerapkan peraturan mereka sendiri. 

2. Meski begitu, FIFA sendiri mengakui bahwa permainan yang serupa dengan sepak bola pertama kali dimainkan di China pada 206 SM.
Menurut FIFA, permainan serupa telah dimainkan terlebih dahulu di China dengan istilah Cùjū (蹴鞠) yang memiliki arti, bola tendangan dengan peraturan serupa, dimana diperbolehkan menendang bola menggunakan bagian tubuh manapun kecuali tangan. Meski sangat mirip, namun Cùjū lebih sering disamakan dengan permainan rugby. Permainan Cùjū sendiri distandarisasi dan peraturannya ditetapkan selama dinasti Han (206 SM-220 SM).

3. Istilah football (sepak bola) digunakan di seluruh dunia, kecuali di Amerika Serikat dan Kanada yang menggunakan istilah soccer.
Karena di Amerika Serikat dan Kanada, football berarti permainan bola tangan yang biasanya dimainkan oleh para pria yang bertubuh besar dan telah ditampilkan dalam beragam judul film Holywood, di antaranya "The Blind Side", "Invicible", dan "Concussion". 

4. Kompetisi sepak bola tertua di dunia adalah Piala FA yang didirikan oleh C.W. Alcock, tahun 1872.
Di tahun yang sama (30 November 1872), pertandingan sepak bola internasional pertama kali diadakan antara Skotlandia dan Inggris di Glasgow (Skotlandia) dengan hasil seri (0-0) dengan jumlah penonton 4.000 orang.

5. Sekali lagi, Inggris juga menjadi rumah bagi liga sepak bola pertama di dunia (English Football League).
Liga ini sendiri didirikan oleh direktur Aston Villa (William McGregor) di Birmingham pada tahun 1988, berisi 12 klub yang berasal dari Midlands dan Northern England. Sejak tahun 1981-2016 nama liga ini mengikuti nama perusahaan yang menjadi sponsor utama. Sedangkan pada periode 2016-2017 kembali pada nama awal liga ini (England Football Cup) dikarenakan tidak ada sponsor utama dalam periode ini dan untuk periode selanjutnya (2017 - seterusnya) menggunakan nama Carabao Cup. 

6. Pertandingan sepak bola wanita pertama dicatat oleh Asosiasi Sepak Bola Skotlandia, pada tahun 1892 di Glasgow dan untuk di Inggris pada tahun 1895.
Popularitas sepak bola wanita mulai eningkat pesat pada saat Perang Dunia I dimana pekerjaan di industri begitu berat sehingga memicu pertumbuhan permainan. Tim sepak bola wanita yang paling sukses di era tersebut adalah Kerr's Ladies of Preston, dari Inggris. Tim ini pertama kali bermain di pertandingan sepak bola wanita internasional pertama di dunia pada tahun 1920 melawan tim Perancis dengan kemenangan telak, 22-0! 

Sumber : idntimes.com/sport/soccer

Komentar